Emak Galau

besok lusa, titan ulang tahun. yang ke tujuh. kue dengan kapal titanic seperti yang titan pengen pun udah dipesan. seperti tahun lalu, titan pengen tiup lilin dan potong kue di sekolah. sekolah si bocah emang agak strict soal perayaan ulang tahun. bolehnya cuma bawa satu cake (itupun harus bebas coklat yang bikin alergi) dan tiup lilinnya 'mencuri' waktu saat anak-anak makan siang. no goodie bags. no pressie. kalaupun mau, harus dilakukan personal aja di luar sekolah.

karena kecewa berat dengan pesanan kue bikinan cake artist ngetop tahun lalu, tahun ini pindah tukang kue. lebih mahal sih, tapi udah terpercaya sama ortu2 di sekolah rasanya enak dan bagus. lapis surabaya yang cuma pake merah telur ayam kampung dan butter weisman. katanya.
kayanya saya kemakan kata-kata sendiri, gak bakal beli kue ultah bentuk aneh-aneh yang 'hanya' berbalut fondant. lima tahun bertahan, giliran anaknya udah gede malah ketagihan.
so, enak atau enggak ... let's see lah ya.

enuff soal kue. soal kado? enggak ada romantis-romantisan kalo soal kado. karena, titan udah nge-tag minta dibeliin lego creator seri rumah sejak empat bulan lalu. biasa, emaknya ini kan paling gengsi kalo dimintain beli mainan. anak-anak harus effort kalo mau mainan. kali ini, saya kasih syarat untuk naekin berat badan sampai ulang tahun. lumayan, naek 1 kilo. akhirnya, hari sabtu kemarin, setelah selesai vaksin la luna kita ke gandaria city beli lego buat kakak titan. tapi syaratnya, enggak boleh dibuka sampai dia ulang tahun. berkali-kali titan tanya kenapa enggak boleh dibuka. well, selain 'nggak aci' ultahnya belum tiba; saya juga pengen titan belajar menunggu. dia udah bisa nunggu 4 bulan, masa sih enggak bisa nunggu 4 hari? hehehe....

tapi, sesungguhnya bukan itu yang bikin saya galau. kegalauan ini rutin kejadian setiap tahun, tepatnya setiap anak ulang tahun. dan ternyata saya masih belum bisa move on.

tanpa saya sadari, kegalauan saya tentang titan yang mulai beranjak pre-teen, ternyata sudah kejadian sejak dua tahun lalu. setelah saya browsing-browsing lagi tentang lifespan development, titan emang udah ada di stage 4 perkembangan psikososial. pantes aja, saya merasa kok setelah dia sekolah semuanya terasa berjalan begitu cepat. tiba-tiba titan ngomongnya jadi lancar, logika jalan dan kemandiriannya juga makin meningkat. ternyata, memang begitulah yang seharusnya terjadi. at least, dalam kajian ilmu psikologi.

saya jadi bersyukur juga, sudah memutuskan untuk menggiring masa sekolah titan ke lembaga yang kami percaya lembaga terbaik yang bisa dilakukan. walaupun alang rintang menghadang *tsaaaaah* tapi nggak papa deh, pendidikan dasar emang harus dengan dasar yang terbaik yang kita percaya. nanti smp atau sma, baru deh dilepas ke sekolah negeri biar bisa belajar berkompetisi. sikut-sikutan. karena hey, ... kita tinggal di Indonesia anyway.

makin galau lagi saat saya dapat weekly reminder dari babycenter.com soal perkembangan dan pertumbuhan titan. saya emang langganan news feed dari portal terkemuka ini sejak titan lahir, dan kali ini saya bener-bener tertegun bacanya. disitu disebutkan bahwa memasuki usia tujuh tahun anak-anak mulai mandiri dan mulai berorientasi pada peer groupnya. mereka akan lebih anteng, bisa main sendiri dan tidak keberatan untuk berjauhan dengan orang tua terdekatnya.

#jleb

lalu saya juga mulai mengumpulkan clue-clue kemandirian dan rasa percaya diri titan yang sudah terbentuk, dari keseharian dia bersama saya. kalau dulu dia masih nangis karena ditinggal di sekolah, sekarang jalan di lorong sekolah aja saya sering ditinggal dan dia jalan sama temennya. lalu soal titan yang udah mulai bisa jadi imam saat sholat. atau saat dia berani menerima setiap konsekuensi dari pilihan-pilihannya. atau saat dia lebih suka membaca buku sendiri sebelum tidur, ketimbang dibacain. padahal dulu kebalikannya. saya pun mulai sadar bahwa dia mulai mengerti tentang 'rahasia' yang sampai saat ini, saya masih orang pertama yang dia share soal rahasianya.

tapi sampai kapan? kayanya, saya harus mulai siap-siap untuk hanya menjadi pengamat. sahabat. yang ada kalau dia butuhkan. mendengar, tanpa harus banyak berkomentar.

aduh, kali ini beneran galau. la luna pun tiga bulan lagi, inshaa allah, berulang tahun yang pertama. perasaan baru kemarin mules-mules mau lahiran. sekarang tau-tau udah mau jalan, gigi sudah mau enam, berat udah mau 9 kilo, panjang sudah 68 senti, sudah mengerti kalo ditanya "luna mana, ya?" dan si eneng akan menepuk-tepuk dadanya. sudah bisa menunjuk dengan telunjuk akan hal yang diinginkannya.

kenapa sih waktu cepat sekali berjalan?
freeze freeze please!

He used to hold my hand as we walked down the alley of his school. 



Comments

Popular Posts