Beyond Limits

kata orang, anak umur 4 - 5 tahun itu lagi ampun-ampunan nyebelinnya. waktu titan seumuran itu, saya petantang - petenteng bilang semua itu bohong, karena titan lagi manis-manisnya.

sekarang, saat dia berumur 6 tahun 9 bulan, baru deh berasa apa yang dulu orang-orang bilang. ampun deh. tiap hari ada aja yang jadi diskusi panjang dan kalau lagi enggak beruntung, berujung dengan berantem ibu - anak. well, tepatnya ibu yang jadi super bawel sih.

sampai detik ini saya masih muter otak apa kiranya sebabnya. apa karena saya justru jadi ibu rumah tangga ya, jadi saya melihat semua hal yang dia lakukan. dan ternyata banyak hal yang saya enggak suka.

atau, apa dia balas dendam ya karena selama ini ditinggalin kerja?
atau taken for granted karena sekarang ada ibunya yang akan selalu mengingatkan?

weekend ini, saya memutuskan untuk mencari tahu sampai mana batas saya dan titan.

hari sabtu, titan bangun jam sepuluh pagi lalu sarapan fruity loops. habis itu langsung main minecraft selama 6 jam, makan siang (yang jadi makan sore) jam 4 trus ketiduran bablas sampai malam. enggak mandi dari pagi. hal yang paling saya sebel. tapi saya sengaja mendiamkan aja. malamnya, saya bingung harus membangunkan dia untuk makan malam atau tidak. akhirnya saya memutuskan untuk konsisten, membiarkan dia melakukan seenaknya, semaunya. saya cuma menyiapkan spaghetti buat titan makan kalau dia bangun nanti. ternyata, selesai masak titan malah bangun. sekejap hilang kekhawatiran saya kalau-kalau dia melewatkan makan malam. saya lirik jam, pukul 9 malam.

habis makan spaghetti, saya pun menidurkan luna. dan tentunya jadi ikut ketiduran. pas saya kebangun, saya lihat titan lagi buka komputer. kali ini browsing youtube. again, tentang tips and tricks dan cara membuat minecraft titanic. saya tinggal tidur lagi lalu terbangun dan kaget dia masih manteng di depan komputer. pas lihat jam, ternyata sudah jam 03.30 dini hari.

"sudah subuh, tan. enggak bobo?"

"hah? bentar lagi matahari nongol dong?"

"gitu deh. kata saya santai."

akhirnya dia tutup laptop trus bobo.

besoknya dia bangun jam 9 pagi, sarapan fruity loops lagi. rendeman air anget sambil nyanyi-nyanyi. habis mandi dia minta sarapan lagi pake roti isi telur. ludes juga. makan siang tepat waktu, mandi sore jam setengah enam dan makan malam jam setengah delapan. setengah sembilan sudah masuk kamar dan siap-siap tidur. semuanya tanpa disuruh.

mungkin emang perlu sekali-sekali anak itu dikasih space untuk melakukan seenaknya, semaunya. biar mereka tahu batas mereka dan batas kita, orang tua. walaupun, deg-dengan juga karena titan punya penyakit maag, itulah kenapa saya bawel banget soal jam makan dia.

but all in all, ... die die must try ya gak mandi 2 hari dan begadang sampe subuh.
di umur 6 tahun.

fiuhhh....

Comments

Popular Posts